Jasa Pengamanan

Satpam yang merupakan singkatan dari Satuan , adalah satuan kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/proyek/badan usaha untuk melakukan keamanan fisik (physical security) dalam rangka penyelenggaraan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Kepolisian Negara Republik Indonesia menyadari bahwa polisi tidak mungkin bekerja sendiri dalam mengemban fungsi kepolisian. Oleh karena itu, lembaga satuan secara resmi dibentuk pada 30 Desember 1980 melalui surat keputusan kepala kepolisian negara.

Jenjang berdasarkan Peraturan Kepala Polri No.Pol. 18 Tahun 2006 ada 3 tingkatan.

* Dasar (Gada Pratama), merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan empat minggu dengan pola 232 jam pelajaran. Materi pelatihan a.l. Interpersonal Skill; Etika Profesi; Tugas Pokok, Fungsi dan Peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas; Bela Diri; Pengenalan Bahan Peledak; Barang Berharga dan Latihan Menembak; Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya; Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol; Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan;
* Penyelia (Gada Madya), merupakan pelatihan lanjutan bagi anggota satpam yang telah memiliki kualifikasi Gada Pratama. Lama pelatihan dua minggu dengan pola 160 jam pelajaran dan
* Manajer Keamanan (Gada Utama), merupakan pelatihan yang boleh diikuti oleh siapa saja dalam level setingkat manajer, yaitu chief security officer atau manajer keamanan. Pola 100 jam pelajaran.

Selain lembaga pendidikan kepolisian negara seperti Sekolah Polisi Negara, hanya perusahaan satpam yang sudah memiliki izin operasional dari Kepala Polri sebagai badan usaha pendidikan dan latihan keamanan, boleh menyelenggarakan . Kepolisian Wilayah, Kepolisian Wilayah Kota Besar, Kepolisian Resor, Kepolisian Resor Kota hanya melakukan latihan penyegaran.

Seperti perusahaan lainnya PT. CAKRA MANDIRI PERKASA juga telah mengantongi ijin operasional baik dari MABES POLRI maupun dari POLDA METRO JAYA hal ini diimplementasikan dengan adanya pertemuan rutin yang dilakukan baik oleh Polda Metro Jaya maupun dari Mabes Polri yang bertujuan untuk penyegaran dan sambung rasa antara Perusahaan dengan Kepolisian.

Berbicara mengenai yang telah dilakukan oleh semua perusahaan , PT. CAKRA MANDIRI PERKASA memiliki keunggulan tersendiri di bidang penyelenggaraan Outsourcing salah satu yang di kedepankan adalah Motto PT. CAKRA MANDIRI PERKASA yaitu ” menggapai kemuliaan tanpa kezaliman” yang artinya kemajuan perusahaan adalah kesejahteraan anggota .

Belantara kota jakarta yang dipenuhi dengan gedung bertingkat sangat membutuhkan satpam gedung atau pengamanan gedung. Satpam gedung sendiri akan efektif jika pengelolaannya sesuai standar operasional. Mengapa satpam gedung itu diperlukan ? Banyaknya kasus kasus yang melanda negeri ini seperti terorisme ataupun bencana alam akan sangat memerlukan satpam gedung dan akan lebih efektif lagi jika manajemen setempat mempercayakan kepada satpam gedung ini karena jalinan aparat kepolisian dengan satpam sangat erat.By PT. Cakra Mandiri Perkasa | Jasa Pengamanan

Tulisan terkait : Robot Satpam, humor satpam, , foto satpam Cakra mandiri

Tags: , , , , , , ,