/ sering dikaitkan dengan . Tapi sebenarnya, mempunyai basis kerja yang jauh lebih luas dari sekadar menjadi . Kalau ingin melihat dalam lingkup yang lebih luas, film Bodyguard yang dibintangi oleh Whitney Houston dan Kevin Costner mungkin cukup memberikan gambaran.

/ untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha bagi keamanan gedung, Universitas, Perkantoran, Rumah Sakit, Mall, Apartemen, Industri dan asset-asset penting lainnya agar dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi para penghuni, tamu maupun pengunjung lainnya yang akan berkunjung.

Para pengguna menyadari bahwa kurangnya kemampuan para penyedia jasa keamanan dalam menangani bidang keamanan secara tepat sehingga dapat menghilangkan rasa keamanan dan kenyamanan selama berada dilingkungan gedung karena tidak banyak para penyedia dapat memenuhi kebutuhan tersebut profesional dan tidak sedikit para pengguna yang memiliki bagian keamanan mengalami dampak yang kurang menguntungkan baik dari segi administrasi, peningkatan biaya, belum lagi adanya masalah dengan kepersonaliaan.

Tubuh-Tubuh Tegap dan Berotot

Sebuah perusahaan yang memberikan jasa keamanan biasanya akan dipenuhi oleh laki-laki dengan tubuh tegap tinggi dan berotot, berkepala plontos atau berambut cepak, berkaca mata hitam dengan alat komunikasi yang melekat di telinga.

Laki-laki dengan profil fisik seperti itu memang merupakan gambaran para pengawal. Tapi, tidak semuanya mempunyai bentuk tubuh seperti itu. Ada juga yang agak pendek tapi kekar dan gesit. Tatapan garang dengan suara mantap dan keras adalah juga modal seorang bodyguard.

Jasa Security

Pemakai / Jasa Security

Bila di daerah perumahan biasanya para petugas keamanan ini disebut satpam. Mereka akan selalu berpatroli secara periodik dan menanyakan identitas setiap orang yang dianggap asing yang akan masuk ke kompleks perumahan, tapi sistemnya borongan. Dalam artian bahwa satpam kompleks menjaga keamanan seluruh kompleks tidak secara spesifik menjaga rumah tertentu.

Tidak dengan jasa keamanan khusus yang mendapat tugas menjaga seorang selebritas, misalnya. Mereka akan senantiasa selama 24 jam selagi masih disewa akan menemani sang selebritas ke mana pun dia pergi. Kamar tidurnya pun akan dijaga. Para bodyguard tersebut hanya akan mengikuti kemauan siapa yang membayarnya dan melakukan tugasnya dengan baik dan disiplin penuh.

Para bodyguard ini memang dilatih untuk itu.  Mereka pun mempelajari ilmu kejiwaan walaupun tidak mendetail secara teori, tapi langsung pada aplikasinya. Mereka tahu harus berbuat apa bila terjadi suatu kasus. Pelatihan yang tidak hanya pembentukan fisik ini benar-benar menjadikan seorang bodyguard mampu menjaga targetnya. Bahasa sandi dan strategi penjagaan pun harus mereka kuasai.

Jadi, menjadi bodyguard tersebut tidak semudah yang dibayangkan. Taruhannya adalah nyawa mereka ataupun nyawa orang yang mereka jaga. Tugas yang berat inilah yang membuat jasa keamanan menjadi agak mahal dan tidak semua orang bisa menyewanya.

Perusahaan / Jasa Security

Salah satu perusahaan yang menyediakan berupa regu satpam yang ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang menyewanya adalah PT Cakra Mandiri Perkasa yang berlokasi di Depok. Perusahaan ini sudah mendapatkan izin dari pihak-pihak yang berwenang.

Perusahaan ini mempunyai kurikulum tersendiri dalam mendidik para calon satpamnya. Para calon satpam tersebut sudah dilatih bagaimana menjaga gudang, kantor, mal, tempat umum, dan lain-lain. Mereka pun dilatih bagaimana menghadapi demo karyawan dan kerusuhan lainnya.

jasa yang diberikan perusahaan keamanan ini ternyata cukup kompleks juga. Selain alat yang canggih yang tentunya harus mempunyai izin dari Kepolisian karena menyangkut penggunakan senjata tajam.

JASA SECURITY

Tags: , , , ,